Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Google Drive, Daftar, Menyimpan dan Mengirim File

 Penyimpanan di hardisk komputer atau PC terbilang cukup rentan bermasalah. Document record penting bisa saja tiba terhapus karena infection atau hardisk komputer tiba-tiba rusak. Agar tidak kehilangan document record penting, kita bisa menyimpan record kita di berbagai layanan penyimpanan berbasis web atau Cloud Storage.


Google Drive adalah salah satu Cloud Storage yang bisa kita pilih. Cukup dengan membuat akun Google Drive kita bisa mendapatkan penimpanan free sebesar 15GB. Kalau ingin ruang lebih banyak, kita juga bisa menambahnya dengan cara membeli.

Interface Google Drive sangat nyaman dan mudah dimengerti menyebabkan Cloud Storage ini sangat mudah untuk digunakan. Untuk cara pembuatan dan penggunaanya langsung simak penjelasan dibawah ya!

Daftar isi

Cara Menggunakan Google Drive

A. Cara Membuat Akun Google Drive

B. Cara Menyimpan File di Google Drive

C. Cara Mengirim File dari Google Drive

Cara Menggunakan Google Drive

Saya akan jelaskan dengan detail bagaimana cara membuat akun google drive, bagaimana cara menyimpan document di google drive dan lain sebagainya.

A. Cara Membuat Akun Google Drive

Untuk menyimpan document di Google Drive tentu sebelumnya kita harus punya akun Google Drivenya terlebih dahulu. Cara pembuatannya sangat mudah. Kita hanya harus membuat akun gmail yaitu akun surat elektronik milik google. Karena dengan membuat akun gmail kita sudah bisa memiliki dan mengakses berbagai sarana akun milik google dan tentu saja salah satunya adalah Google Drive.

  1. Masuk ke accounts.google.com atau langsung saja ketik gmail.com di program kamu. Dengan begitu kita akan masuk ke halaman sign in gmail. Karena kita hendak membuat akun, maka klik More choices, akan muncul dua pilihan dan klik Create account.
  2. Jika sudah, akan muncul halaman Create your Google account seperti gambar di bawah ini. Bagaimana langkah selanjutnya? kamu bisa baca langkah lengkap membuat akun gmail di sini: Cara Membuat Akun Gmail.

Nah setelah kamu selesai membuat email, untuk menuju akun Google Drive, klik symbol berbentuk susunan kotak tiga kali tiga di pojok kanan atas. Symbol tersebut berfungsi sebagai navigasi ke berbagai akun goole yang sekarang kamu miliki.

Setelah itu akan muncul berbagai akun google, pilih dan klik symbol Google Drive. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

B. Cara Menyimpan File di Google Drive

Kini kamu sudah memiliki akun Google Drive, Sekarang kita lanjutkan dengan cara menyimpan record di Google Drive. Cara menyimpan record di google drive bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut:

1. Kunjungi https://drive.google.com/melalui program kamu.

2. Untuk kamu yang ingin masuk melalui email gmail lama, caranya login terlebih             dahulu ke email gmail kamu.

3. Lalu klik ikon seperti kotak-kotak dibagian atas, lihat gambar di bawah ini

4. Pilih ikon google drive

5. Kamu akan di alihkan ke halaman baru. Itulah halaman milik Google Drive.

6 Selanjutnya, ada beberapa cara yang bisa kita pilih untuk mengunggah record yang ingin     kita simpan.

7. Cara pertama adalah dengan drag drop atau menggeser record yang kita inginkan ke         halaman Google Drive. Cara ini adalah yang termuda dan praktis.

8. Untuk menggunakan cara ini kita harus mencari terlebih dahulu record yang ingin kita   unggah di document exploler. Pilih filenya, klik, tapi jangan lepaskan tombol klik kiri,   kemudian geser ke halaman Google Drive kamu sampai terdapat tanda "duplicate.

9. Setelah itu kita tinggal menunggu compositions pengunggahannya. Compositions pengunggahan hingga komplit dapat kita lihat di pojok kiri bawah. Jika record sudah berhasil di unggah, kita bisa melihat document di halaman utama google drive seperti gambar dibawah ini.

10. Cara lain yang bisa menjadi pilihan adalah dengan mengunggah langsung dari goggle drive. Keunggulan cara ini adalah kita tidak perlu membuka record exploler terlebih dahulu, tapi cukup dengan program yang kita gunakan.

11.Caranya pilih dan klik My Drive yang terletak persis dibawah Search Drive atau symbol New yang terletak di pojok kiri atas.

12. Selanjutnya akan muncul beberapa menu pilihan. Pilih dan klik document transfer.

13. Setelah itu akan muncul jendela open, pilih record yang ingin kamu unggah ke Google     Drive.

14. Selanjutnya kita tinggal menunggu compositions pengunggahan. Sama seperti cara sebelumnya, compositions pengunggahan hingga komplit akan muncul di pojok kanan wah program.

C. Cara Mengirim File dari Google Drive

Dengan Google Drive kita tidak hanya bisa menyimpan record dari PC kita. Akan tetapi, kita juga bisa langsung mengirimkan record tersebut ke email kawan atau rekan kerja kita.

Cara mengirim record dari Google Drive sangat mudah.

1.Pertama, tentu saja pilih dan klik record yang ingin kita kirim. Kemudian, klik kanan     sehingga akan muncul tampilan menu.

2. Pilih dan klik share. Jika sudah, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

3. Dengan Google Drive kita bisa mengirim record untuk bisa diakses publik maupun khusus untuk orang tertentu yang kita tuju. Jika ingin record tersebut bisa diakses semua orang, kita bisa membagikan connect yang ditandai dengan lingkaran berwarna biru. Connect tersebut bisa kita bagikan melalui akun media sosial, blog, atau stage lain yang kita miliki.

4. Namun, jika kita ingin record tersebut hanya bisa diakses orang tertentu melalui emailnya kita bisa mengirim document tersebut ke email tertentu secara langsung. Caranya adalah dengan menuliskan email yang kita tuju di kolom yang ditandai dengan warna merah. Kita juga bisa menambahkan catatan terkait dengan record yang kita kirimkan.

Nah itulah cara menggunakan Google Drive mulai dari membuat akun, menyimpan record di Google Drive dan juga mengirim document dari Google Drive. Perlu kamu tahu, dengan menyimpan record di Google Drive tingkat keamanannya jauh lebih baik.

Juga melalui Google Drive kita bisa membagikan record dengan jumlah yang besar. bahkan hinga bergiga-giga, sesuai dengan ukuran ruang drive yang kita miliki. Hal ini tentu berbeda bila menggunakan lampiran biasa di gmail.

Dimana batasan mengirim email hanya 25MB saja. Sedang melalui Google Drive bisa sampai 15GB, dan bisa juga kamu tambah dengan membeli ruang tambahan dari google. Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel jika bermanfaat ya. Salam.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Google Drive, Daftar, Menyimpan dan Mengirim File"