Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Meningkatkan Engagement Konten Video di Media Sosial

 Saat ini, video media sosial terus bertumbuh pesat, dengan 86% pengiklan online menggunakannya dalam upaya pemasaran mereka. Di satu sisi, tren ini membantu konsumen mendapatkan pemahaman tentang produk dan layanan brand juga. Sehingga ini membantu bisnis meningkatkan lalu lintas di akun sosial mereka, menumbuhkan pengikut mereka, dan meningkatkan penjualan mereka.


Selain itu, video juga meningkatkan keterlibatan sosial karena menciptakan kepercayaan dan hubungan antara brand dan pelanggan, mengembangkan loyalitas brand, meningkatkan perolehan prospek, dan merangsang percakapan yang relevan. Untuk membantu Anda meningkatkan commitment video media sosial luar biasa yang layak ditonton dan di bagikan, artikel ini akan memberikan strategi-strategi yang dapat Anda ikuti.

Daftar Isi [hide]

1 Mengenal Apa Itu Konten Video

1.1 Demonstrasi produk

1.2 Tutorial

1.3 Testimonial

1.4 Behind the scene

2 Strategi Meningkatkan Engagement Konten Video di Media Sosial

2.1 Buatlah video dengan singkat

2.2 Beberapa detik pertama harus berkesan dan menarik

2.3 Sertakan caption

2.4 Perhatikan pencahayaan

2.5 Gunakan sound eksternal

2.6 Akhiri dengan CTA (Call to Action)

3 Kesimpulan dan Penutup

Mengenal Apa Itu Konten Video

Di period digitalisasi ini, keterlibatan konten video pada strategi pemasaran telah dilakukan oleh hampir seluruh pebisnis di seluruh dunia. Penggunaan video dapat dikatakan sebagai cakupan semua jenis video yang Anda buat untuk pemasaran atau periklanan Anda. 

Video adalah salah satu alat pemasaran withering kuat di gudang senjata Anda. Konten video tersedia dalam berbagai bentuk, dan panjangnya bisa berapa saja. Anda dapat membagikannya di situs web Anda sendiri, di media sosial, di email Anda, dan di iklan Anda.

Memahami berbagai jenis konten video dapat membantu Anda mengetahui apa yang withering cocok untuk strategi pemasaran Anda dan mempelajari cara menyesuaikannya untuk brand Anda. Berikut ini beberapa jenis konten video yang withering populer :

Demonstrasi produk

Anda dapat membuat demonstrasi produk video pendek yang menunjukkan bagaimana produk Anda memiliki manfaat nyata dan aplikasi yang praktis. Misalnya, Anda menjual semir sepatu dan Anda membuat video tentang menyemir sepatu. 

Anda tidak perlu membuat klaim tentang bagaimana sepatu itu akan meremajakan sepatu berusia 30 tahun atau menjadi bersinar seperti yang belum pernah Anda lihat sebelumnya pada iklan tradisional. Anda dapat memberikan hasil nyata dan biarkan video berbicara sendiri. Orang-orang menghargai demonstrasi produk ini karena menunjukkan bagaimana produk digunakan dalam kehidupan nyata dan juga memberi mereka informasi berguna lainnya. 

Video penyemiran sepatu itu tidak hanya mempromosikan semir sepatu tetapi video ini juga memberikan tips hebat kepada orang-orang tentang cara menyemir sepatu secara efektif.

Instructional exercise

Web telah menjadi seperti perpustakaan terbaik di dunia yang dapat diakses semua orang. Anda dapat mempelajari apa saja secara on the web, dan instructional exercise video adalah salah satu alasannya. 

Anda dapat membuat video instructional exercise untuk apa saja, apakah itu termasuk produk Anda atau hanya terkait dengan brand Anda. Misalnya, Anda menjual semir sepatu, tetapi Anda tidak dapat membuat lusinan video tentang menyemir sepatu. Jadi, mungkin Anda membuat instructional exercise tentang menghilangkan bekas lecet pada sepatu putih atau membuat sepatu calfskin Anda kedap air. 

Instructional exercise ini akan membawa orang-orang yang mungkin tidak mencari informasi tentang produk Anda tetapi memiliki minat pada subjek terkait. Mereka membantu Anda menangkap lebih banyak audiens Anda tanpa secara langsung memasarkan kepada mereka.

Tribute

Semua orang berbelanja online akhir-akhir ini, tetapi hampir semua orang juga tentu mencari ulasan online sebelum mereka melakukan pembelian. Mereka tidak dapat memeriksa produk secara langsung, sehingga mereka mempelajari apa yang orang lain katakan tentang produk tersebut sebelum mereka berkomitmen untuk membeli. Mereka ingin tahu yang baik dan yang buruk. 

Dengan memposting tribute video, Anda membantu pelanggan melakukan penelitian itu dan memberi mereka informasi positif tentang produk Anda. Video juga membuat informasi tampak lebih pribadi dan langsung. Anda dapat menampilkan seseorang di balik individualized organization customized structure, tidak seperti ulasan tertulis, sehingga dapat membawa lebih banyak bobot. 

Pastikan untuk menyertakan nama orang yang memberikan kesaksian dan informasi lain yang tampaknya relevan, seperti usia atau lokasi. Semakin banyak informasi yang dapat Anda berikan, semakin besar kemungkinan orang tersebut akan muncul sebagai orang sungguhan dan bukan aktor berbayar.

Behind the scene

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana bone sepatu Anda mendapatkan plastik kecil di ujungnya yang membuatnya lebih mudah untuk diikat? Atau pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana es krim dikemas dengan rapi di dalam bungkus plastiknya? 

Orang-orang tertarik dengan apa yang terjadi di balik layar, terutama jika Anda memiliki produk atau layanan yang menarik atau tidak biasa. Anda dapat membuat video yang menunjukkan bagaimana produk Anda dibuat, dikemas, atau dikirim. Atau Anda dapat membuat video yang menunjukkan cara kerja di kantor, seperti cara orang melakukan penelitian, cara mengemas barang, dan sebagainya. 

Intinya adalah berpikirlah seperti penonton saat Anda menciptakan video-video ini. Beberapa detail yang lebih teknis mungkin tampak sangat menarik bagi Anda, tetapi bisa sangat membosankan bagi pemirsa. Soroti informasi yang menarik, dan rangkumlah bagian-bagian yang mungkin membuat orang awam tidak ketahui.

Strategi Meningkatkan Engagement Konten Video di Media Sosial

Berikut strategi atau tips dalam meningkatkan commitment konten video Anda di media sosial.

Buatlah video dengan singkat

Sangat sedikit orang yang akan menonton video di media sosial jika durasinya lebih dari 15 hingga 20 menit. Itulah mengapa penting untuk menjaga video Anda tetap pendek dan mudah dikonsumsi sambil tetap memberikan nilai. Langkah ini memerlukan penghapusan semua bagian yang berlebih dan hanya menyimpan bagian yang withering relevan dan menarik. Video harus menarik perhatian, membagikan pesan, dan membuat pemirsa bertindak dalam waktu singkat.

Beberapa detik pertama harus berkesan dan menarik

Saat ini, orang kehilangan konsentrasi mereka setelah sekitar delapan detik, itulah mengapa Anda harus memikat mereka segera. Beberapa detik pertama sangat penting karena saat itulah mereka akan memutuskan apakah akan melanjutkan menonton video atau menggulir ke bawah ke konten lain. Mulailah dengan pertanyaan yang menggugah pikiran, kait yang kuat, kutipan yang menginspirasi, visual yang kuat, atau musik yang menarik.

Coba sertakan logo, nama brand, slogan, atau produk/layanan yang ingin Anda soroti sehingga orang akan segera mengenali Anda dan mendapatkan petunjuk tentang apa yang ingin Anda sampaikan. Introduction Anda harus membuat orang penasaran tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dan membuat mereka ingin tahu lebih banyak.

Sertakan caption

Konten video dapat menjangkau orang-orang dari seluruh dunia. Jadi, ada kemungkinan orang yang tidak lancar berbicara dan mengerti bahasa Anda akan melihat video Anda. Menambahkan caption akan membantu penutur tidak asli dan pengguna dengan gangguan pendengaran untuk dengan mudah menggunakan konten Anda. 

Demikian pula, video yang dibagikan di hampir semua stage media sosial sekarang secara otomatis mulai atau diputar tanpa suara. Menyertakan caption akan membantu menyampaikan pesan Anda, baik dalam mode bisu atau tidak. Orang withering sering menonton video sambil melakukan hal lain atau saat dalam perjalanan. 

Dan hampir selalu, mereka melakukannya tanpa suara. Saat itulah caption menjadi penting. Bahkan dengan suara dimatikan, ini akan memungkinkan Anda untuk menarik perhatian pemirsa Anda dan mereka tidak melewatkan apa yang terjadi.

Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan akan membuat atau menghancurkan video Anda. Dan menggunakan cahaya alami akan membantu Anda membuat konten yang menarik. Saat Anda berada di dalam ruangan, pastikan Anda merekam video di dekat jendela atau pintu yang memiliki cukup cahaya. Anda juga dapat memilih untuk membawa barang-barang di luar ruangan. Menggunakan cahaya alami juga tentang waktu yang tepat dan mengetahui kapan harus merekam.

Gunakan sound eksternal

Sama seperti pencahayaan, sound juga penting dalam video media sosial. Jika Anda merekam menggunakan ponsel, mikrofon inside mungkin tidak cukup baik. Anda tidak ingin video Anda merekam suara mobil yang lewat alih-alih narasi Anda, atau suara hewan di luar alih-alih percakapan yang sebenarnya. 

Jadi, cobalah untuk berinvestasi dalam peralatan yang bagus, termasuk mikrofon untuk memastikan bahwa Anda dapat menghasilkan suara berkualitas tinggi.

Akhiri dengan CTA (Call to Action)

Saat orang mencapai akhir video Anda, mereka ingin tahu ke mana harus pergi atau apa yang harus dilakukan selanjutnya. Dan ini adalah kesempatan Anda untuk memberi mereka jawabannya. 

Biarkan pemirsa dengan tujuan dan dorong mereka untuk bertindak sesuai dengan apa yang Anda ingin mereka lakukan. Ingatlah bahwa CTA Anda tidak boleh terlalu berfokus pada penjualan karena saat itulah orang-orang akan bosan. Namun, itu harus berputar kembali ke sasaran kampanye dan sasaran bisnis yang telah Anda terapkan selama tahap perencanaan.

Kesimpulan dan Penutup

Pemasaran video dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak audiens, terutama orang-orang yang sedang bepergian dan lebih suka mengkonsumsi konten saat mereka bepergian atau melakukan hal lain. Menonton video terkadang dapat lebih mudah daripada membaca artikel. 

Menonton video juga jauh lebih menarik. Pertimbangkan untuk membuat beberapa jenis video diatas untuk pemasaran brand Anda. Anda juga dapat memasukkannya ke dalam strategi periklanan dan media sosial Anda.

Selain itu konten video di media sosial, dengan perpaduan elemen sound dan visual yang kompleks, adalah media yang kuat untuk berbagi cerita brand Anda dan memberikan nilai kepada audiens. 

Anda akan melihat peningkatan keterlibatan, jangkauan, dan brand mindfulness jika Anda mengikuti strategi video media sosial dasar yang disebutkan dalam artikel ini. Selain itu ingatlah untuk selalu mengecek performa Anda di stage media sosial yang Anda gunakan. 

Jika Instagram yang Anda sukai, Anda dapat menggunakan alat pelacak Instagram karena mempelajari analitik dari konten video Anda dapat memberi Anda informasi terkait commitment juga.

Post a Comment for "Strategi Meningkatkan Engagement Konten Video di Media Sosial"